Saturday 11 August 2012

Memperkuat Ingatan (Memory)

Salam Sejahtera,

Mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki masalah pada ingatan. Ingatan yang semakin melemah biasanya di derita oleh usia paruh baya. Namun tidak sedikit pula usia remaja saat ini yang mengeluh-eluhkan tentang ingatannya yang melemah. Berdasarkan informasi yang saya terima dari beberapa sumber, mengatakan bahwa lemahnya ingatan dapat terjadi karena 2 hal, yaitu timbul dari sebuah penyakit yang bernama Alzheimer, dan ada pula yang timbul memang karena kita sendiri yang kurang berkonsentrasi.
Sedikit pengetahuan tentang Alzheimer itu sendiri yaitu salah satu penyakit yang digolongkan dalam kelompok demensia, atau yang dalam bahasa awam yang dikenal sebagai "pikun". Penyakit ini ditemukan pertama kali oleh Alois Alzheimer pada tahun 1906. Menurutnya, penyakit itu terjadi bukan karena gejala penuaan. Bahkan usia muda juga dapat terjangkit penyakit tersebut. Gejalanya yaitu pusing-pusing, lalu menjadi mudah lupa dan semakin lama memorinya akan hilang 100%. Dan menurutnya, metode untuk mengobati penyakit tersebut masih dalam kondisi sulit.
Sementara apabila lemahnya ingatan itu BUKAN terjadi karena Alzheimer (alami), berarti itu hanya dari diri anda saja yang memang kurang berkonsentrasi. Menurut saya, lemahnya ingatan terjadi karena penglihatan, pikiran dan perasaan yang saling berebut perhatian anda. Sehingga anda bingung untuk menangkap mana yang harus anda terima sebagai yang utama. Sebagai contoh:
"Linda ingin mengirimkan sebuah surat. Ketika dijalan, ia bertemu dengan teman lamanya yang dulunya pernah menyimpan rasa cinta padanya. Setelah lama berbicara, linda menanyakan beberapa biodata terbarunya dan mencatatnya di sebuah amplop surat yang kemudian di kantonginya. Lalu setelah kejadian itu Linda merasa bahagia hingga berjalan menuju sebuah taman. Dan setelah di taman ia tersadar, namun ia lupa apa yang sebenarnya sedang ingin dilakukan atau ditujunya?. Padahal sebenarnya hanyalah satu tujuan yaitu kantor pos."

Cerita tersebut menggambarkan bahwa lemahnya ingatan Linda terjadi karena penglihatan dia berubah (dari sebuah amplop menjadi ke teman), pikiran Linda berubah (dari jalan menuju kantor pos menjadi lebih memikirkan teman lamanya) dan perasaan Linda berubah (dari tanggung jawab atas surat menjadi rasa berbunga2 atas pertemuan tadi) sehingga semuanya terbagi-bagi.

Mungkin seperti itu salah satu contoh penyebab lemahnya daya ingat seseorang. Lalu bagaimana solusi yang tepat?. Menurut saya ada beberapa cara, diantaranya:
1. Sebelum mengerjakan sesuatu, meletakkan barang, membaca, berkendara, dll. Usahakan fokus dan katakan berulang kali bahwa "saya letakkan barang ini di atas TV, saya harus ke kantor pos itu, saya ingin membaca buku ini, dll". Sehingga itu menjadi sebuah sugesti yang dapat mengautkan konsentrasi dan daya ingat anda. Sehingga pikiran bawah sadar anda menangkap informasi untuk disimpan dan dapat dipanggil kapan saja sesuai yang anda inginkan. Dan saya yakin, daya ingat anda akan kembali membaik atau menguat.
2. Usahakan, catat kejadian saat ini sebelum anda melakukan kejadian yang akan datang. (contoh: anda mencatat halaman buku yg sedang anda baca sebelum mengangkat telepon pada waktu yang bersamaan). Hal ini secara tidak langsung akan memberikan sumbangan informasi berupa sugesti kepada pikiran bawah sadar anda. Dan anda akan menjadi orang yang terkontrol.
3. Jika ada waktu luang, latihlah otak / ingatan anda dengan menghitung cepat, mengingat-ingat kejadian 1 tahun terakhir atau apapun. Semakin berpacunya kinerja otak, maka semakin baik. Gunanya apabila anda suatu saat akan mengingat sesuatu, maka reflek untuk menghafal atau menyimpan informasinya sangat cepat.
3. Apabila langkah diatas belum juga berhasil, maka anda perlu melaksanakan self-hypnosis. (mengenai self-hypnosis, anda bisa baca di forum ini atau lewat berbagai media yang tepat).

Pada tekhik diatas bisa dilakukan oleh semua usia. Sehingga anda tidak perlu khawatir tentang usia atau penuaan anda. Saya sangat yakin, bahwa anda adalah orang yang sanggup untuk menaklukkan ingatan anda...
Semoga informasi dan tulisan saya diatas dapat bermanfaat bagi anda sekalian.
Untuk kritik dan saran atau tanggapan selalu saya terima dengan rasa bangga...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di B-digg

No comments:

Post a Comment

New Tutorial

Page Fans

Free Auto Backlinks muhammadrury.blogspot.com